Jumat, 29 Januari 2016

Struktur atap rotational shell

| No comment
Struktur atap berbentang lebar.

Perspektif mata manusia
Struktur atap bentang lebar tipe surface active structure system dengan jenis rotational shell, konsep bentukan atapnya terinspirasi dari bentuk atap golden snail - Taman Mini Indonesia Indah, penyelesaian atap menggunakan beton bertulang dengan ketebalan 8 cm pada bagian atap tertingginya dan tebal 15 cm pada bagian tepi atapnya.
Ini merupakan karya saya semasa kuliah, bangunan ini merupakan salahsatu dari tugas Struktur Konstruksi IV dan kebetulan saya mendapat tugas untuk jenis struktur bentang lebar dengan tipe ini.

Perspektif mata burung
Struktur atapnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu terdapat atap utama rotational shellnya yang berbentuk kubah, kemudian terdapat atap hiperboloidnya yang berbentuk cekung ke bagian atas, dan terdapat pula atap datarnya pada bagian lobby utamanya.

Perspektif mata manusia
Pada tugas ini mahasiswa lebih ditekankan kepada bagaimana penyelesaian atap untuk bangunan berbentang lebar secara baik dan benar, baik dari segi struktur, konstruksi maupun dalam tahapan metode membangunnya.

Isometri struktur bangunan
Ini adalah gambar isometri struktur bangunan yang memperlihatkan struktur bangunan dari mulai pondasi hingga ke bagian atapnya.

Isometri terurai bangunan

Tags : , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar